1.
Mengapa manusia berkepentingan dgn
manajemen
Jawab
Manajemen penting untuk semua
gerakan agar berhasilnya kegiatan dari suatu organisasi dalam mencapai tujuan
yang diinginkan. Manajemen sangat penting agar segala sesuatunya dapat
terencana, terorganisasi, terarah dan terkontrol. Manusia berkepentingan dengan
manajemen karena:
1. Manajemen
merupakan suatu kekuatan yang mempunyai fungsi sebagai alat pemersatu,
penggerak dan pengkoordinir faktor alam, tenaga dan modal.
2. Manajemen
merupakn suatu sistem kerja yang rasional dalam mencapai tujuan organisasi,
sehingga menghasilkan efektisvitas dan efesiensi kerja serta produktifitas dan
kepuasan.
3. Manajemen
mempunyai prinsip-prinsip yang universal sehingga dapat dipergunakan dalam
setipa usaha kerjasama dengan tidak melepaskan corak gaya, keyakinan serta
tujuan hidup dari organisasi yang mempergunakannya.
4. Manajemen
merupakan suatu kemampuan / keahlian manusia untuk mengurus suatu kegiatan
sehingga dapat mendeteksi, menyesuaikan serta menghadapi perubahan yang
terjadi, baik perubahan teknologi, persaingan maupun tuntutan perkembangan yang
lebih luas.
5. Manajemen
akan membawa organisasi kepada kedudukan yang lebih tinggi dan dihargai karena
merupakan salah satu faktor produksi yang diperlukan dalam kehidupan
organisasi.
6. Manajemen
suatu profesi untuk dapat menangani dengan tepat kegiatan suatu usah.
2.
Apa perbedaan manajemen sebagai ilmu dan sebagai seni
Jawab
pengertian manajemen
sebagai ilmu :
artinya manajemen mempunyai peranan penting dalam kehidupan.karena manajemen salah satu untuk membentuk seseorang menjadi lebih baik, dan manajemen juga untuk memberikan pengawasan, pengetahuan, serta pengorganisasian, baik untuk atasan, bawahan didalam organisasi, maupun untuk pribadinya masing - masing dalam kehidupan sehari - hari.
artinya manajemen mempunyai peranan penting dalam kehidupan.karena manajemen salah satu untuk membentuk seseorang menjadi lebih baik, dan manajemen juga untuk memberikan pengawasan, pengetahuan, serta pengorganisasian, baik untuk atasan, bawahan didalam organisasi, maupun untuk pribadinya masing - masing dalam kehidupan sehari - hari.
pengertian manajemen
sebagai seni :
artinya dalam manajemen orang yang mengatur, mengawasi, atau memimpin organisasi seseorang mempunyai karakter, sikap, dan jiwa kepemimpinan dalam suatu perusahan atau organisasi terhadap bahwahannya berbeda - beda.
artinya dalam manajemen orang yang mengatur, mengawasi, atau memimpin organisasi seseorang mempunyai karakter, sikap, dan jiwa kepemimpinan dalam suatu perusahan atau organisasi terhadap bahwahannya berbeda - beda.
Perbedaan antara science dan art adalah:
·
Science :
1. Berkembang
secara teoritis
2. Membuktikan
3. Meramalkan
4. Member
defenisi
5. Memberikan
kepastian/ukuran
·
Art :
1. Berkembang
secara praktis
2. Merasa
3. Menerka
4. Menguraikan
/ mengajarkan
5. Memberi
pendapat
3.
Dlm perkembangannya manajemen didasarkan 2 aliran,
sebutkan & jelaskan
Jawab
Aliran Klasik
Teori klasik berasumsi bahwa para pekerja atau manusia
itu sfatnya rasional, berfikir logik,
dan kerja suatu yang diharapkan
Pelopor klasik lainnya yaitu Henri Fayol (1916) menerbitkan administrasion industrielle et
generale yang berisi lima pedoman manajemen, yaitu :
-
Perencanaan
-
Pengorganisasian
-
Pengkomandoan
-
Pengkoordinasiaan
-
Pengawasan
Aliran Perilaku
Teori ini timbul sebagian karena pada para manajer
terdapat ber bagai kelemahan dengan pendekatan klasik.
Teori ini berasumsi bahwa manusia itu makhluk sosial dengan
mengaktualisasikan dirinya. Beberapa pelopor aliran neo-klasik ini adalah :
elton mayo dengan studi antar manusia, atau tingkah laku manusia dalam situasi
kerja terkenal dengan studi hawthorne.
4.
Sebutkan pembagian ilmu manajemen berdasarkan
fungsinya dlm kehidupan di abad modern seperti skrg
Jawab
l) Fungsi perencanaan
Pada hakekatrya perencanaan merupakan proses pengambilan keputusan yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan/tindakan-tindakan ekonomis dan efektif pada waktu yang akan datang.
Pada hakekatrya perencanaan merupakan proses pengambilan keputusan yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan/tindakan-tindakan ekonomis dan efektif pada waktu yang akan datang.
2) Fungsi pengorganisasian
Fungsi Pengorganisasian dapat didefinisikan sebagai proses menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi-fungsi, personalia dan faktor fisik agar kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.
Fungsi Pengorganisasian dapat didefinisikan sebagai proses menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi-fungsi, personalia dan faktor fisik agar kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.
3)Fungsi
pengarahan
Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang menstimulir tindakan-tindakan agar betul-betul dilaksanakan.
Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang menstimulir tindakan-tindakan agar betul-betul dilaksanakan.
4)Fungsi
pengkoordinasi
Suatu usaha yang terkoordinir ialah di mana kegiatan karyawan itu harmonis. terarah dan diintergrasikan menuju tujuan-tujuan bersama.
Suatu usaha yang terkoordinir ialah di mana kegiatan karyawan itu harmonis. terarah dan diintergrasikan menuju tujuan-tujuan bersama.
5)Fungsi
pengawasan
Fungsi pengawasan pada hakekatnya mengatur apakah kegiatan sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang ditentukan dalam rencana.
Fungsi pengawasan pada hakekatnya mengatur apakah kegiatan sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang ditentukan dalam rencana.
5.
Mengapa suatu organisasi
membutuhkan manajemen dan jelaskan hubungan organisasi dgn manajemen
Jawab
Karena semua bentuk
organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah
ditetapkan, membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha
pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.
Manajemen dan Organisasi memiliki hubungan yang
erat, untuk mencapai suatu tujuan maka dibutuhkan kerja team atau berorganisasi,
ibaratkan di suatu perusahaan seorang manajer membagikan tugas kepada anggota
team nya yang terdiri dari 10 orang, 2 orang pertama mempunyai tugas menulis, 2
orang berikutnya mempunyai tugas mengedit, 2 orang selanjutnya mempunyai tugas
memposting dan begitu selanjutnya, hingga menjadikan kerja sama team yang solid
antara manajer dan organisasi.
6.
Jelaskan fungsi” manajemen berdasarkan para
ahli
Jawab
1. Hendry Fayol.
Lima fungsi manajemen
telah diringkas sedetail mungkin oleh Hendry Fayol yaitu :
a. Planning atau
perencanaan
Merupakan
pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi
kebijaksanaan proyek, program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar
yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
b. Organizing (Pengorganisasian).
· Penentuan sumber daya dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.
· Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yang akan
dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
· Penugasan tanggung jawab tertentu.
· Pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu-individu untuk
melaksanakan tugasnya.
c. Staffing (Penyusunan).
Staffing
atau penyusunan personalia adalah penarikan (recruitment) latihan dan
pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam
lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif.
d. Leading (Pengarahan).
Adalah bagaimana
membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus
mereka lakukan.
e.
Controlling (Pengawasan).
Adalah penemuan dan penerapan cara dan alat
untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah
ditetapkan.
2. George Terry.
Berikut ini adalah Empat fungsi manajemen menurut George Terry:
a.
Perencanaan (Planning).
Perencanaan (planning) yaitu sebagai dasar pemikiran dari tujuan dan
penyusunan langkah-langkah yang akan dipakai untuk mencapai tujuan.
b.
Pengorganisasian (Organization).
Pengorganisasian (Organization) sebagai cara untuk mengumpulkan orang-orang
dan menempatkan mereka menurut kemampuan dan keahliannya dalam pekerjaan yang
sudah direncanakan.
c.
Penggerakan (Actuating) .
Penggerakan (actuating) yaitu untuk menggerakan organisasi agar
berjalan sesuai dengan pembagian kerja masing-masing serta menggerakan seluruh
sumber daya yang ada dalam organisasi agar pekerjaan atau kegiatan yang
dilakukan bisa berjalan sesuai rencana dan bisa mencapai tujuan.
d.
Pengawasan (Controlling).
Pengawasan (controlling) yaitu untuk mengawasi apakah gerakan dari
organisasi ini sudah sesuai dengan rencana atau belum.
3. Lyndall F.
Urwick (1974)
Fungsi Manajemen menurut Lyndall
F. Urwick terdiri dari :
a.
Staffing (Penyusunan).
Staffing adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan
atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang
berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
b.
Planning (Perencanaan).
Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan
yang sangat rumit.
c.
Organizing (Pengorganisasian).
Organizing atau pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau
lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran
spesifik atau sejumlah sasaran.
d.
Controlling (Pengawasan).
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah
satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan
koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar
dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
e.
Directing (Pengarahan).
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan
usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan
dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan
baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
f.
Coordinating (Kordinasi).
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen
untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan,
kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan
pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya
mencapai tujuan organisasi.
4. Harold Koentz.
Fungsi-fungsi manajemen menurut Harold Koentz , terdiri dari :
a.
Planning (Perencanaan).
Perencanaan merupakan aktivitas untuk memilih dan menghubungkan fakta serta
aktivitas membuat rencana mengenai kegiatan-kegitan apa yang akan dilakukan
dimasa depan.
b.
Organizing (Pengorganisasian).
Pengorganisasian adalah usaha yang dilakukan untuk menciptakan hubungan
kerja antar personal dalam organisasi dengan cara mengelompokan orang-orang
beserta penetapan tugas-tugas, fungsi-fungsi, wewenang, dan tanggung jawab
masing-masing agar tercapainya tujuan bersama melalui aktivitas-aktivitas yang
berdaya dan berhasil guna karena dilakukan secara efektif dan efisien.
c.
Staffing (Penyusunan).
Penyusunan kepegawaian pada suatu organisasi dari awal masa penerimaan,
seleksi, orientasi, pelatihan dan pengembangan karir hingga menggerakan pegawai
agar setiap tenaga kerja yang ada memberikan dan melaksanakan suatu kegiatan
yang menguntungkan organisasi.
d.
Directing (Pengarahan).
Fungsi directing atau sering dikenal dengan leading adalah satu kegiatan
yang berhubungan dengan pemberian perintah dan saran agar para bawahan dapat
mengerjakan tugas yang dikehendaki manajer.
e.
Controlling
(Pengawasan).
Melalui aktivitas pengendalian, manajer harus mengevaluasi dan menilai
pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan bawahannya untuk mengetahui apakah pekerjaan
dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan atau tidak
5. James A.
F. Stoner.
Fungsi-fungsi manajemen menurut James A. F. Stoner dalam buku "Manajemen" dari Jilid 1 terbitan bahasa Indonesia,
terdiri dari :
a.
Perencanaan (Planning)
menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum
melaksanakannya.
b.
Pengorganisasian (Organization)
berarti para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya
bahan yang dimiliki organisasi.
c.
Memimpin (To Lead)
menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya,
menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu, Dengan menciptakan
suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja sebaik mungkin.
d.
Pengendalian (Controlling)
berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam
arah tujuan.
6.
Luther Gullick.
Fungsi -
fungsi Manajemen menurut Luther Gullick, terdiri dari:
a.
Planning (Perencanaan).
Perencanaan
dasarnya merupakan tindakan memilih dan menetapkan segala aktifitas dan sumber
daya yang akan dilaksanakan dan digunakan dimasa yang akan datang untuk
mencapai tujuan tertentu
b.
Organizing (Pengorganisasian).
Pengorganisasian
sebagai keseluruhan proses memilih orang-orang serta mengalokasikannya sarana
dan prasarana untuk menunjang tugas orang-orang itu dalam organisasi dan
mengatur mekanisme kerjanya sehingga dapat menjamin pencapaian tujuan.
c.
Staffing (Penyusunan).
Seperti
fungsi-fungsi manajemen lainnya,
staffing juga merupakan fungsi yang tidak kalah pentingnya.
d.
Directing (Pengarahan).
Pengarahan adalah
penjelasan, petunjuk, serta pertimbangan dan bimbingan terdapat para petugas
yang terlibat, baik secara struktural maupun fungsional agar pelaksanaan tugas
dapat berjalan dengan lancar, dengan pengarahan staff yang telah diangkat dan dipercayakan melaksanakan
tugas dibidangnya masing-masing tidak menyimpang dari garis program yang telah
ditentukan.
e.
Coordinating (Koordinasi).
Koordinasi adalah
mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan
yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan
dengan keselarasan yang semestinya di antara para anggota itu sendiri.
f.
Reporting (Pelaporan).
Dengan
pelaporan dimaksudkan sebagai fungsi yang berkaitan dengan pemberian informasi
kepada manajer, sehingga yang bersangkutan dapat mengikuti perkembangan dan
kemajuan kerja.
g.
Budgeting (Pembuatan Anggaran).
Penganggaran
adalah fungsi yang berkenaan dengan pengendalian organisasi melalui perencanaan
fiskal dan akuntansi.
h.
Controlling (Pengawasan).
Proses
pengawasan mencatat perkembangan kearah tujuan dan memungkinkan manajer
mendeteksi penyimpangan dari perencanaan tepat pada waktunya untuk mengambil
tindakan korektif sebelum terlambat.
7.
Robbins dan Coulter (1999).
Robbins dan
Coulter menyebutkan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan.
a.
Perencanaan mencakup pendefinisian tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan
kegiatan-kegiatan.
b.
Pengorganisasian adalah menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa
yang mengerjakan, bagaimana tugas-tugas dikelompokkan, siapa melapor kepada
siapa, dan pada tingkat mana keputusan harus dibuat.
c.
Kepemimpinan meliputi kegiatan-kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan,
menyeleksi saluran komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan konflik.
d.
Pengawasan meliputi pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa
semua orang mencapai apa yang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan-
penyimpangan yang ada.
8.
Prof. Oei Liang Lee.
Fungsi-fungsi
manajemen menurut Profesor Oei Liang Lee terdiri dari lima macam fungsi yaitu,
planning, organizing, directing, coordinating dan controlling. Lebih rinci
dijelaskan sebagai berikut:
a.
Planning (Perencanaan).
Perencanaan
ditetapkan sekarang dan dilaksanakan serta digunakan untuk waktu yang akan
datang.
b. Organizing (Pengorganisasian).
Ditinjau
dari segi prosesnya, pengorganisasian merupakan usaha untuk menyusun
komponen-komponen pokok sedemikian rupa, sehingga dapat dipakai sebagai sarana
untuk mencapai tujuan.
c. Directing (Pengarahan).
Pengarahan
merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para
bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif
serta efisien untuk mencapai tujuan.
d. Coordinating (Pengkoordinasian).
Koordinasi
perlu diadakan agar terdapat suatu keadaan yang harmonis sehingga tujuan
organisasi dapat tercapai.
e. Controlling (Pengawasan).
Pengawasan
dapat mengukur seberapa jauh hasil yang telah dicapai sesuai dengan apa yang
telah direncanakan.
9. Harold Koontz dan Cyril
O’Donnell
Lima macam
fungsi manajemen menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnell, terdiri dari :
a. Planning (Perencanaan).
Proses yang
menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang
akan datang dan penentuan starategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan
target dan tujuan organisasi.
b. Organizing (Pengorganisasian).
Proses yang
menyangkut bagaimana starategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam
perencanaan diatur dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan dapat
bekerja secara efektif.
c. Staffing (Penyusunan).
Merupakan
suatu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak
dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap
tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
d. Directing (Pengarahan).
Proses
pelaksanaan program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi
serta proses memotivasinya.
e. Controlling (Pengendalian
dan pengawasan).
Proses yang
dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan
dan dilaksanakan bisa berjalan sesuai target yang diharapkan.
10. Herie Gunawan.
Kesimpulan
fungsi-fungsi manajemen menurut Harie Gunawan adalah :
a. Perencanaan (Planning).
· Merupakan kegiatan
menentukan arah dan tujuan organisasi dan memilih serangkaian aksi dari
beberapa alternatif yang ada untuk mencapai tujuan tersebut.
· Menentukan apa yang
harus dilakukan, bagaimana, kapan dan siapa yang melakukan.
b. Pengorganisasian (Organizing).
· Menentukan bagaimana
aktivitas dan sumber daya dikelompokkan.
· Menentukan komposisi
tim kerja dan aktivitas koordinasi termasuk didalamnya pembagian pekerjaan.
c. Penggerakan (Actuating).
Proses
penggerakan sebagai implementasi dari perencanaan, termasuk didalamnya adalah
menggerakkan anggota untuk aktif berpartisipasi, memotivasi anggota organisasi
dan menjalin komunikasi yang efektif dalam organisasi.
d. Pengawasan (Controlling).
· Memonitor kemajuan
organisasi dalam mencapai tujuan.
· Proses membandingkan
hasil dan harapan, dan melakukan perubahan-perubahan yang tepat.
e. Penyusunan Pegawai (Staffing).
Meliputi
proses-proses rekruitasi, seleksi, pemberian tugas, pelatihan, pengembangan,
evaluasi dan pemberian kompensasi kepada staff/sumber daya manusia.
f. Kepemimpinan (Leading).
· Serangkaian proses yang
digunakan untuk membuat semua personel organisasi bekerja sama untuk
meningkatkan keuntungan.
· Memotivasi dan
berkomunikasi dengan SDM (Sumber Daya Manusia) organisasi untuk memastikan
bahwa tujuan organisasi tercapai.
7. Jelaskan mengapa fleksibilitas dan
pengambilan keputusan
Jawab
No comments:
Post a Comment